Kesehatan Pengemudi Angkutan Lebaran Diperiksa

SIANTAR

Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Pemerintah Kota (Pemko) Siantar membuat Posko Sistem Kewaspadaan Dini, Situasi Khusus Arus Mudik maupun Balik, Kamis (25/8) untuk pemeriksaan kesehatan para pengemudi Angkutan Lebaran.

Kegiatan pemeriksaan deteksi dini arus mudik, yang diadakan sejak sekitar jam 10.00 wib, di Jembatan Timbang Simpang II Jalan Parapat Kecamatan Siantar Marimbun, itu difasilitasi oleh Polres Siantar, berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Siantar.

dr Budi Raharjo, ketika ditemui di sela-sela pemeriksaan kesehatan pengemudi bus Angkutan Lebaran. Kepada Siantar 24 Jam, koordinator pemeriksaan kesehatan pengemudi dari Kemenkes RI, itu mengatakan, pemeriksaan tersebut seyogianya dilakukan di terminal, namun karena terminal Kota Siantar tak berfungsi maka dilaksanakan di Jembatan Timbang tersebut.

“Pemeriksaan terhadap para pengemudi mencakup, pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, kadar amphetamine dalam urine (air kencing), serta kadar alkohol dalam pernapasan pengemudi Bus Angkutan Lebaran tersebut,”urai pria berkumis, itu serta menambahkan, besok Jumat (hari ini,red) akan dilakukan pemeriksaan di eks terminal Suka Dame.

Dikatakannya, mengenai Kota Siantar jadi pilihan, walau terminalnya tak berfungsi, karena sudah menjadi keputusan.
“Kota Siantar terpilih, lantaran kota ini adalah Jalan Lintas Sumatera. Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di Kota ini,”kata dokter yang bertugas di Kemenkes RI Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Amatan Siantar 24 Jam, di Jembatan Timbang yang dikelola Dinas Perhubungan Propinsi itu. Tampak setiap pengemudi bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), dilakukan pemeriksaan kesehatannya oleh tim medis dari Kemenkes RI dibantu tim dari Dinas Kesehatan Pemko Siantar. (Napit)

Komentar

Postingan Populer